Sabtu, 29 September 2018

SEKOLAH PURBA ADHIKA


Sekilas tentang sekolah Purba Adhika yang menerima anak dengan berkebutuhan khusus. Dimana saya sangat tertarik untuk membahasnya disini, karena disekolah Purba Adhika ini anak berkebutuhan khusus diberikan keterampilan untuk bekal kehidupan agar anak berkebutuhan khusus disiapkan mandiri.
Sekolah Purba Adhika mempunyai program pendidikan dari pra sekolah sampai jenjang SMA. Beberapa Kasus yang Sekolah Purba Adhika tangani antara lain:
  • Siswa Autis yakni siswa yang memiliki karakter kurang respon, tidak bisa diam, terlambat bicara, imajinasinya hilang saat bicara serta sosialisasi lemah.
  • Siswa low learner yakni siswa dengan potensi intelektual dan IQ dibawah rata-rata normal. ciri anak masih bisa merespon rangsangan dapat beradaptasi sosial, dapat menyelesaikan tugas akademik
  • Anak dengan hambatan belajar spesifik meliputi disleksia, disgrafia dan diskalkulia
Disleksia adalah anak yang kesulitan belajar membaca. karakteristik lambat dalam mengenal huruf serta lamban memahami isi bacaan serta sering keliru dalam membaca teks

Disgrafia adalah anak yang kesulitan belajar menulis. kalau menyalin tulisan lambat, menulis terbalik, sulit mebedakan huruf b dan d, p dan q, v dan u, 6 dan 9. hasil tulisan tidak mudah dibaca karena tulisannya banyak yang keliru. Terbalik atau huruf hilang serta tidak lurus saat menulis.

Diskalkulia adalah anak yang kesulitan berhitung. sulit membedakan tanda dalam berhitung +, -. <, >, =, x, : sulit mengoperasikan bilangan. sering salah membilang dengan huruf, sering salah menbedakan 6 dan 9, 17 dan 71, 2 dan 5, 8 dengan 3 dan sulit membedakan bangun geometri.

Anak yang mengalami gangguan komunikasi, adalah anak yang mengalami kelainan suara, artikulasi (pengucapan) atau kelancaran bicara, yang mengakibatkan terjadi penyimpangan bentuk bahasa.

Di Sekolah Purba Adhika juga ada fasilitas Pelayanan terapi. adanya layanan ini untuk membantu mengoptimalkan kemampuan dan keterampilan anak berkebutuhan khusus. Dan saling terintegrasi anatara program, terapi dan program sekolah untuk meminimalkan hambatan-hambatan dalam perkembangan perilaku, komunikasi, motorik, sosial, sensomotor, dan intelegensi. adapun pelayanan terapi yang ada meliputi:

  1. Terapi Sensori Integrasi. Sensori Integrasi membantu proses sensorik seorang anak agar tercapai kemampuan mengolah informasi secara tepat, kemampuan berkonsentrasi, kemampuan mengorganisasi, self-esteem, kemampuan kontrol diri, percaya diri, kemampuan akdemik dan kemampuan berfikir abstrak.
  2. Terapi Okupasi. penekanan terapi ini adalah pada sensomotorik dan proses neurologi dengan cara memanipulasi dan memfasilitasi sehingga tercapai peningkatan perbaikan dan pemeliharan kemampuan anak. memperhatikan dan keterbatasan yang dimiliki anak. terapi ini bertujuan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak agar tercapai produktivitasnya, bentu dirinya dan pemamfaatan waktu luang.
  3. Terapi Wicara. Terapi yang diperuntukan bagi individu yang mengalami gangguan komunikasi termasukdidalamnya gangguanterlambat bicara dan gangguan motorik mulut lainnya.
  4. Terapi perilaku. Tujuannya untuk menghilangkan atau mengurangi perilaku bermasalah misalnya tidak merespon saat dipanggil atau diajak bicara.stimulasi diri, emosi atau tantrum, perilaku sterotip,dan hiperaktif. serta membantu anak meningkatkan perilaku responsif seperti melatih kontak mata, meningkatkan kemampuan verbal dan non-verbal menurunkan perilaku destruktif saat disekolah. 

Yang membuat saya terkagum lagi adalah Sekolah Purba Adhika mempunyai beberapa prestasi dalam kegitan lomba yang antara lain adalah:
  • Juara 1 lomba menyanyi tingkat SD di Graha Pandawa tahun 2007
  • Juara 3 lomba mewarnai di Autisme Care indonesia 2010
  • Juara Umum (Happy song, tsubatsa kick, mind skill, fast n furios) di sekolah mandiri cibubur 2010
  • Best Performance Menari dan paduan suara di sekolah Kharisma Bangsa 2011


Adapun Alamat Sekolah Purba Adhika berada di Jalan H. Ipin No. 31 Karang Tengah 1 Lebak Bulus Jakarta selatan. Telp. 021-75905850

Tidak ada komentar:

Posting Komentar